..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

SIDANG DI LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA UNAAHA SELESAIKAN 28 PERKARA PRODEO

DI PUBLIKASI WINDA LISTYANINGSIH DALAM BERITA 18/06/21 137x

SIDANG LUAR GEDUNG PENGADILAN AGAMA UNAAHA SELESAIKAN 28 PERKARA PRODEO
 Foto pidato ceremony sebelum acara dimulai

www.pa-unaaha.go.id

Lasolo. Pengadilan Agama Unaaha sebagai salah satu Lembaga Peradilan yang selalu berkomitmen untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat pada tiga wilayah hukum yang berada di bawahnya, berhasil mengesahkan perkawinan 21 pasang suami istri, 5 perkara yang tidak dikabulkan karena pernikahannya bermasalah dan 2 perkara gugatan di kabulkan pada Sidang Luar Gedung yang dilakukan di Kecamatan. Lasolo, Kabupaten. Konawe Utara Pada hari  Jumat 18 Juni 2021 yang pada seluruh perkara yg ditanganinya adalah perkara yang biayanya ditanggung oleh negara (prodeo) pada DIPA tahun anggaran 2021.

Foto peserta yang hadir untuk melaksanakan sidang

Pelaksanaan Sidang di Luar Gedung Pengadilan merupakan amanah dari Peraturan Mahkamah Agung No. 1 Tahun 2014 Tentang Pedoman Pemberian Layanan Hukum bagi Masyarakat tidak mampu. Sidang luar Gedung pengadilan adalah sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh Pengadilan di suatu tempat yang ada di dalam wilayah hukumnya tetapi di luar tempat kedudukan Gedung Pengadilan dalam bentuk Sidang Keliling atau Sidang di Tempat Sidang Tetap.  Sidang luar Gedung tersebut bertujuan untuk meringankan beban biaya yang harus ditanggung oleh masyarakat yang tidak mampu secara ekonomi di Pengadilan juga untuk meningkatkan akses terhadap keadilan bagi masyarakat yang sulit atau tidak mampu menjangkau Gedung Pengadilan Agama Unaaha akibat keterbatasan biaya, fisik atau geografis.

Sidang luar Gedung kali ini ditangani oleh 11 orang pegawai Pengadilan Agama Unaaha yang terdiri dari para Hakim, Panitera, Panitera Pengganti serta Pramu siding yang berlangsung dengan khidmat dan lancar. Meski perjalanan yang ditempuh cukup jauh dari Pengadilan Agama Unaaha namun Aparatur Sipil Negara Pengadilan Agama Unaaha tetap bersemangat dalam memberikan pelayanan prima kepada para masyarakat pencari keadilan yang membutuhkan kepastian hukum. semoga dengan diselenggarakannya sidang luar gedung tersebut dapat membantu serta memudahkan masyarakat yang membutuhkan akses kepada keadilan. (winda)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?