..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

Hatiwasda PTA Kendari Lakukan Pengawasan dan Pembinaan di PA Unaaha


Hatiwasda PTA Kendari Lakukan Pengawasan dan Pembinaan di PA Unaaha

DI PUBLIKASI HARIS EKA PUTRA L. S.IP., M.M DALAM BERITA 15/03/24 114x

www.pa-unaaha.go.id – Unaaha. Ketua Pengadilan Agama Unaaha, Ahmad Padli, S.Ag., M.H menerima kunjungan dari Hakim Tinggi Pengawas Daerah Pengadilan Tinggi Agama Kendari (PTA Kendari) beserta Tim yang akan melakukan Pengawasan serta Pembinaan di Pengadilan Agama Unaaha. Tim Hatiwasda yang di Ketuai oleh Dra Hj. Maryanah, S.H., M.H selaku Hakitm Tinggi PTA Kendari, akan melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Pengawasan selama 3 hari yakni 13 s.d 15 Maret 2024.

Pengadilan Tinggi Agama Kendari sebagai kawal depan dari Mahkamah Agung Republik Indonesia, mempunyai salah satu fungsi yakni pembinaan dan pengawasan kepada Pengadilan Agama Tingkat Pertama dalam wilayah Yurisdiksinya,  agar dalam pelaksanaan tugas pokok dan fungsi dapat dilakukan sebaik-baiknya dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat dan mencegah terjadinya penyimpangan atau perbuatan yang tidak terpuji.

Selama 2 hari, Tim Hatiwasda melakukan kegiatan pengawasan secara langsung dengan meninjau seluruh ruangan yang berada di dalam lingkungan Kantor Pengadilan Agama Unaaha, serta memeriksa kesesuaian barang inevntaris yang terdapat dalam masing-masing ruangan dengan daftar barang ruangan. Selain itu Tim pengawas juga memeriksa langsung kondisi pelayanan di ruang PTSP dan memeriksa keadaan sarana dan prasarana pendukung layanan serta melangsungkan tanya jawab dengan para Petugas PTSP terkait tugas dan fungsi masing-masing petugas layanan tersebut.

Selain pemeriksaaan fisik ruangan, Tim pengawas juga melakukan pemeriksaan secara langsung terhadap berkas-berkas yang terkait dengan administrasi perkara dan persidangan, adapun pada bagian Kesekretariatan, Tim Pengawas melakukan pemeriksaan yang terkait dengan administrasi kepegawaian, Perencanaan dan Teknologi informasi, serta umum dan keuangan

Selanjutnya setelah melakukan pengawasan secara menyeluruh, Tim Hatiwasda PTA Kendari menggelar ekspose hasil temuan Pengawasan di hadapan Pimpinan dan aparatur Pengadilan Agama Unaaha. Panitera Pengganti PTA Kendari Nadra, S.Ag menyampaikan hasil temuannya yang kemudian di lanjutkan oleh masing-masing Tim Pengawas. Setelah seluruh hasil Pengawasan di sampaikan, kemudian dilakukan Penandatanganan dan Penyerahan Kontrak Kinerja terkait tindak lanjut hasil Pengawasan dari Ketua Tim Kepada Ketua Pengadilan Agama Unaaha.

Acara kemudian dilanjutkan dengan Pembinaan oleh Dra Hj. Maryanah, S.H., M.H. dalam sambutannya, ketua TIM Hatiwasda menyampaikan bahwa tujuan dari Pengawasan ini adalah bukan untuk mencari kesalahan, namun sebaliknya tujuannya adalah untuk memperbaiki kesalahan, selain itu Dra Hj. Maryanah, S.H., M.H. juga berpesan agar dalam pelaksaan seluruh proses kegiatan baik yang menyangkut kepaniteraan dan Kesekretariaatan agar selalu berpedoman pada peraturan serta panduan yang telah ditetapkan sehingga dapat meminimalisir kesalahan.

Selain itu Dra Hj. Maryanah, S.H., M.H juga memberikan apresiasi kepada Seluruh jajaran Pengadilan Agama Unaaha atas pencapaiannya selama setahun belakangan, serta peran aktif Pegawai dalam kegiatan Pengawasan ini. Kegiatan kemudian ditutup dengan foro bersama Tim Hatiwasda dengan seluruh Jajaran Pengadilan Agama Unaaha.(hep).

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?