..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

Kado Akhir Tahun, Pengadilan Agama Unaaha Raih Predikat WBK


Kado Akhir Tahun, Pengadilan Agama Unaaha Raih Predikat WBK

DI PUBLIKASI HARIS EKA PUTRA L. S.IP., M.M DALAM BERITA 06/12/22 206x

Ketgam. Piagam Penghargaan Pengadilan Agama Unaaha Sebagai unit kerja pelayanan dengan predikat WBK dari Kemenpan-RB

www.pa-unaaha.go.id - Unaaha. Bertempat di Ruang media center Pengadilan Agama Unaaha, Ketua Pengadilan Agama Unaaha Ahmad Padli, S.Ag., M.H beserta Sekretaris Rini Surastika Tawulo, S.HI, Panitera Nadra, S.Ag, Kasubbag Umum dan Keuangan Yudi Wijaya, S.H serta Kasubbag Kepegawaian Tahira menyaksikan secara virtual acara penganugerahan bersama pelayanan publik serta hasil evaluasi SAKIP, RB, dan ZI, Tahun 2022 yang digelar oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) Republik Indonesia. Dimana dalam kesempatan ini, Pengadilan Agama Unaaha merupakan salah satu satker yang berhasil meraih predikat Zona Integritas Menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK).

Ketgam. Ketua Pengadilan Agama Unaaha beserta Sekretaris, Panitera, Para Kasubbag serta Staf Menyaksikan Acara Penganugerahan secara Virtual

Kegiatan yang di buka secara langsung oleh Menteri PANRB Abdullah Azwar Anas ini, merupakan apresiasi kepada instansi pemerintah yang telah memberikan upaya terbaiknya dalam mengelola birokrasi dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Selain itu juga memberikan motivasi kepada instansi untuk selalu berbenah melakukan reformasi birokrasi yang berdampak nyata bagi masyarakat.

Ketgam. Ketua Pengadilan Agama Unaaha beserta Sekretaris, Panitera, Para Kasubbag serta Staf Menyaksikan Acara Penganugerahan secara Virtual

Pengadilan Agama Unaaha sendiri merupakan salah satu dari dari 5 satker di lingkungan Mahkamah Agung yang berhasil meraih predikat WBK pada Tahun ini. Adapun kelima satker di Lingkungan Mahkamah Agung yang berhasil meraih predikat WBK yakni : 1. Direktorat Jenderal Badan Peradilan Militer dan Peradilan Tata Usaha Negara (Ditjen Badilmiltun), 2. Pengadilan Tinggi Agama Medan, 3. Pengadilan Tinggi Agama Kendari, 4. Pengadilan Agama Unaaha, 5. Pengadilan Agama Mimika. Sementara itu satu Satker dari Mahkamah Agung berhasil meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM) yaitu Pengadilan Militer II-11 Yogyakarta.

Raihan penghargaan ini merupakan hasil dari kerja keras  pimpinan beserta seluruh aparatur Pengadilan Agama Unaaha, perjalanan panjang sejak Pencanangan Zona Integritas Pengadilan Agama Unaaha pada tahun 2019, telah dilalui oleh seluruh aparatur Pengadilan Agama Unaaha dalam upaya melakukan reformasi birokrasi di dalam satuan kerja dengan upaya memberikan pelayanan yang bebas dari KKN kepada seluruh masyarakat pencari keadilan. Setelah 3 tahun gagal, di Tahun 2022 Pengadilan Agama Unaaha kembali berbenah dan berusaha secara maksimal agar dapat mengikuti tahapan penilaian Zona Integritas tahun 2022. WBK adalah predikat awal yang diberikan kepada satker yang berhasil bersikap “bersih” dan tidak terlibat KKN. Bagi unit kerja yang bisa mencegah KKN akan memperoleh predikat WBK.  Jika sudah bisa mencegah KKN dan bisa memberikan pelayanan prima akan memperoleh predikat WBBM.  Namun untuk memperoleh kedua predikat tersebut tidaklah mudah, karena harus melalui tahapan seleksi, mulai seleksi internal oleh TPI (Tim Penilai Internal), kemudian diusulkan ke Kemen PAN RB selaku Tim Penilai Nasional (TPN). TPN melakukan analisis administratif atas kertas kerja penilaian.

Juli 2022, Pengadilan Agama Unaaha berhasil lulus dalam seleksi administrasi bersama dengan 30 Satker lainnya dari 4 badan peradilan di bawah Mahkamah Agung. Dukungan dari berbagai pihak, baik dari Ditjen Badilag, PTA Kendari beserta seluruh PA sewilayah hukum PTA Kendari, masyarakat, serta instansi Pemerintah lainnya di dalam wilayah yurisdiksi Pengadilan Agama Unaaha menjadi penyemangat seluruh jajaran Pengadilan Agama Unaaha dalam melakukan upaya pembenahan secara maksimal agar dapat meraih predikat WBK 2022. Hingga akhirnya setelah melewati tahapan desk evaluation secara daring di Hadapan Tim Penilai Nasional Kemenpan-RB pada bulan september 2022 serta kunjungan (clearance) oleh Ketua Ombudsman Perwakilan Sulawesi Tenggara dan verifikasi lapangan oleh Tim Evaluator Kemenpan-RB pada Oktober  2022, Pengadilan Agama Unaaha dinyatakan berhak meraih predikat WBK pada 6 Desember 2022.

Pengadilan Agama Unaah patut berbangga, sebab dengan raihan penghargaan ini, Pengadilan Agama Unaaha saat ini menjadi satu-satunya satker yang berhasil meraih penghargaan WBK di lingkup 3 Kabupaten yang masuk dalam wilayah yurisdiksinya yakni Kabupaten Konawe, Konawe Utara dan Konawe Kepulauan.

Predikat Zona Integritas tahun 2022 ini diberikan kepada 119 unit kerja di instansi pemerintah. Jumlah peraih WBK dan WBBM ini merupakan hasil seleksi dari 1.061 usulan unit kerja dari 209 instansi pemerintah. Adapun Predikat WBK diraih oleh 102 unit kerja yang terdiri dari 74 unit kerja kementerian/lembaga, 1 unit kerja pemerintah provinsi, dan 27 unit kerja pemerintah kabupaten/kota.

Sementara itu, predikat WBBM didapatkan oleh 17 unit kerja, yang terdiri 13 unit kerja kementerian/lembaga, 1 unit kerja pemerintah provinsi, dan 3 unit kerja pemerintah kabupaten/kota. (1st)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?