..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

WKPTA SULTRA HADIRI PEMBUKAAN SIDANG TERPADU PA UNAAHA DI PULAU KELAPA, KONAWE KEPULAUAN

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 26/11/20 355x

 

Wawobili, Wawonii Barat | www.pa-unaaha.go.id
Kamis, 26 November 2020 | Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara, Dr. H. Mame Sadafal, MH, turun langsung menyaksikan pelaksanaan sidang terpadu yang diselenggarakan atas kerjasama Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Konawe Kepulauan (Konkep), Kementerian Agama Kabupaten Konkep,  dan Pengadilan Agama Unaaha tentunya, sebagai lembaga yang berwenang memutus perkara diantara masyarakat yang beragama islam di wilayah hukumnya.

Seremoni pembukaan sekaligus pelaksanaan persidangan dilaksanakan di Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat, tepatnya di kawasan wisata Pantai Kampa, salah satu icon kebanggaan di daerah ini. Pemilihan lokasi oleh panitia pelaksana Kementerian Agama Konkep sebagai penyelenggara utama, dianggap representatif dan mudah dijangkau oleh masyarakat peserta sidang itsbat yang berasal Kecamatan Wawonii Barat, Wawonii Utara, Wawonii Tenggara, dan Wawonii Timur Laut.


Foto Peserta Isbat Nikah

Kegiatan diakhir tahun 2020 ini, didukung dengan anggaran yang pembebanannya sepenuhnya melalui DIPA Kementerian Agama Kabupaten Konawe Kepulauan Tahun Anggaran 2020, rencananya akan menyidangkan 158 perkara Isbat Nikah sesuai registrasi yang masuk di Pengadilan Agama Unaaha pada bulan November 2020.

Dibuka secara resmi oleh H. Abdul Rachman, SPd, MPd, Asisten III Sekretariat Daerah Konkep, pukul 09.00 WITA, disaksikan oleh Wakil Ketua PTA Sultra, Ketua PA Unaaha, M. Basri, S.Sp Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kementerian Agama Konkep, tim sidang diluar gedung Pengadilan Agama Unaaha, seluruh panitia penyelenggara dan peserta sidang isbat dari 4 (empat) Kecamatan di Kabupaten Konawe Utara.


Foto Kata sambutan WKPTA Sultra

Dalam sambutan pembukaan kegiatan, WKPTA Sultra menguraikan secara singkat namun jelas dan gamblang mengenai dasar hukum pelaksanaan sidang diluar gedung di lingkungan Pengadilan, kedudukan Pengadilan Agama, urgensi pencatatan pernikahan dan pentingnya status hukum melalui putusan atau penetapan Pengadilan serta peran serta dan tanggung jawab masyarakat dan Pemerintah dalam mendukung eksistensi Peradilan Agama khususnya di wilayah Konawe Kepulauan.

Sekalipun ditengah kesibukan kegiatan pembinaan ke seluruh Pengadilan Agama diwilayah hukum Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara pada beberapa pekan terakhir, WKPTA Sultra dengan antusias dan tak kenal lelah tetap menyempatkan untuk dapat menyaksikan secara langsung kegiatan sidang terpadu di Konawe Kepulauan.


Foto Peserta Isbat Nikah

Menyambut kehadiran WKPTA Sultra, setelah membacakan teks sambutan Bupati Konawe Kepulauan, H. Abdul Rachman berjanji akan meneruskan kepentingan masyarakat didaerah ini ketingkat yang lebih tinggi, memberikan dukungan kegiatan-kegiatan pro rakyat seperti pelaksanaan kegiatan ini secara berkesinambungan. Lebih lanjut, Abdul Rachman menyampaikan bahwa Kementerian Agama Konkep telah memprogramkan kegiatan ini di tahun 2021, sehingga diharapkan dukungan jajaran Pemerintah daerah Konkep akan memberikan manfaat yang besar bagi masyarakat di daerah yang dikenal dengan sebutan Pulau Kelapa ini. (yudh)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?