..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

PEMBINAAN KPTA SULTRA : "SAYA TAKUT KORUPSI WAKTU"

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 31/03/21 114x

Unaaha | www.pa-unaaha.go.id

Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara (KPTA PTA Sultra), Drs. H.A. Muzakki, MH bersama Drs. H. Zakir (Sekretaris PTA Sultra) lakukan pembinaan selama 2 (dua) hari di Pengadilan Agama Unaaha. (Selasa 30/03/21 sd Rabu 31/03/2021). Kegiatan pembinaan ini sebagai rangkaian kegiatan monitoring hasil pengawasan reguler dari tingkat banding pada peradilan tingkat pertama oleh Hakim Tinggi Pengawas bidang yang telah dilaksanakan pekan lalu.

Diterima Najmiah Sunusi, S.Ag,MH (Ketua Pengadilan Agama Unaaha) di ruang kerjanya, KPTA meng-agendakan menyampaikan beberapa hal penting kepada pimpinan satuan kerja dan seluruh aparat Pengadilan Agama Unaaha terkait pelaksanaan tugas pokok dan fungsi pengadilan, peningkatan pelayanan dan permasalahan teknis yang berkembang dilingkungan peradilan agama.


Foto. KPTA diterima diruang kerja Ketua Pengadilan Agama Unaaha

Pada hari sebelumnya, KPTA dan Sekretaris PTA Sultra didampingi Sekretaris Pengadilan Agama Unaaha, telah melakukan peninjauan fisik secara langsung pada area pelayanan PTSP dan sarana prasarana layanan, baik yang berada dalam gedung maupun di lingkungan kantor.

Pada rapat pembinaan di ruang Media Center, yang dihadiri oleh seluruh aparat Pengadilan Agama Unaaha pada Rabu 30 Maret 2021, KPTA Sultra menyampaikan apresiasi atas pembenahan-pembenahan yang dilakukan Pengadilan Agama Unaaha dalam beberapa bulan terakhir. Pembenahan yang meliputi ruang PTSP, dekorum ruang sidang, ruang rapat, ruang pimpinan dan penyediaan sarana yang memudahkan pelayanan masyarakat. Perbaikan dan pembenahan kantor kearah yang lebih baik, penting untuk dilakukan. KPTA mengatakan "Kantor adalah rumah kedua, karena separuh waktu kita adalah bekerja di kantor...pelayanan masyarakat juga dilakukan dari kantor, maka lingkungan kantor harus dibangun agar masyarakat merasa nyaman untuk dilayani."

Mengenai manajemen perkara melalui Aplikasi SIPP, hasil pemantauan tingkat banding per 30 Maret 2021 ini, menunjukan kinerja yang baik, demikian pula status upload putusan dan pengelolaan keuangan perkara. KPTA menyampaikan agar satuan kerja tidak hanya mengejar angka-angka hasil penilaian rapor SIPP, namun dalam penyelesaian perkara wajib mengedepankan hukum acara yang berlaku. "jangan hanya mengejar SIPP, namun meninggalkan hukum acara. sebagai Hakim kita patuh pada kaidah hukum seperti yang disampaikan Tuaka (Ketua Kamar Agama *red), bukan semata-mata patuh pada komando struktural" KPTA mengingatkan. Hal ini disampaikan karena masih ditemui dibeberapa Pengadilan Agama, penyelesaian perkara berpotensi melanggar hukum acara.


Foto. suasana pembinaan di ruang Media Center

KPTA Sultra juga menyampaikan bahan renungan untuk menciptakan kesadaran internal, terkait besaran gaji dan tunjangan yang diterima sebagai konsekuensi waktu yang digunakan dalam melaksanakan tugas pokok. KPTA mengilustrasikan jumlah pendapatan yang diterima dari negara dalam bentuk gaji dan tunjangan tiap bulan terhadap jumlah jam kerja efektif. "Saya takut korupsi waktu, bapak ibu coba dihitung berapa tunjangan yang diterima tiap bulan, coba dibagi jumlah hari dan jam kerja, jika dalam satu hari hanya masuk dua atau empat jam saja, berapa jumlah pendapatan yang tidak layak diterima...

Selain pelaksanaan tugas pokok,  KPTA juga menyampaikan permasalahan teknis yustisial yang ditemui dan berkembang di lingkungan Peradilan Agama, solusi dan pendapat yang diadopsi untuk penyelesaian permasalahan tersebut.

Di bidang sumber daya manusia, pelaksanaan anggaran DIPA dan pemenuhan sarana prasarana, Drs. H. Zakir menyampaikan hasil monitoringnya selama 3 bulan pada tahun ini. Secara umum kinerja pengelolaan satuan kerja diukur dengan kinerja serapan anggaran dan output yang dihasilkan. Dari pemantauan ketiga bidang tersebut, H. Zakir mengapresiasi pelaksanaan anggaran yang sangat baik, bahkan melebihi target triwulanan. Walaupun masih ditemukan beberapa hal yang perlu dibenahi, misalnya dalam pengelolaan manajemen kepegawaian melalui ABS, pengelolaan website, dan penyampainan laporan-laporan secara berkala.

Menanggapi hal tersebut, Ketua Pengadilan Agama Unaaha berkomitmen untuk menindaklanjuti hal-hal yang perlu diperbaiki dalam waktu dekat dan akan dilaporkan pada hasil kinerja triwulanan I satuan kerja yang sebentar lagi akan masuk periode pelaporannya.


Foto bersama pimpinan PTA Sultra

Mengakhiri kegiatan pembinaan pada Rabu 31/03/2021 12:15 WITA seluruh aparat Pengadilan Agama Unaaha melakukan foto bersama dengan Ketua dan Sekretaris Pengadilan Tinggi Agama Sultra . (yudh)

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?