..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

GUGATAN HARTA BERSAMA BERHASIL DI MEDIASI KETUA PA UNAAHA

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 02/03/20 335x

Foto. Para pihak yang berhasil dimediasi

Unaaha | www.pa-unaaha.go.id

Najmiah Sunusi, S.Ag, MH (Ketua Pengadilan Agama Unaaha) berhasil mendamaikan sengketa para pihak dalam perkara harta bersama yang diajukan di Pengadilan Agama Unaaha tanggal 13 Pebruari 2020 dan terdaftar dalam register perkara nomor 0097/Pdt.G/2020/PA.Una.

Para pihak yang bersengketa, termasuk kuasa hukum penggugat, hadir dan dipertemukan di ruang mediasi, untuk mencari penyelesaian perkara secara non litigasi, sebelum masuk persidangan perkara tersebut. (Senin,02/03/2020)

Sebagai mediator, Najmiah Sunusi secara persuasif mengingatkan para pihak untuk solusi sengketa win-win solution dengan cara damai, melalui nasehat dan pertimbangan ekonomi atas harta bersama tersebut, dan tanggung jawab orang tua terhadap amanah terbesar yaitu masa depan anak, buah perkawinan para pihak tersebut.


Foto. proses mediasi sengketa para pihak 

Setelah melalui proses mediasi, penggugat yang didampingi kuasa hukumnya menerima pertimbangan hakim mediator tersebut, dan menyatakan mencabut perkara harta bersama yang diajukan tersebut, dengan menandatangani kesepakatan damai dengan pihak tergugat, sehingga perkara ini dinyatakan putus cabut dan mediasi berhasil.

Kepada tim redaksi, Najmiah Sunusi menjelaskan bahwa jumlah Hakim mediator yang bersetifikat yang ada di Pengadilan Agama Unaaha hanya satu orang, itupun masuk dalam gerbong mutasi TPM Direktorat Jenderal Badan Peradilan Agama. "sampai saat ini, kita hanya satu orang tenaga yang memiliki sertifikat mediator, dan telah ada surat keputusan mutasi ke Pengadilan Agama lain, sehingga nanti kita nanti tidak ada lagi hakim mediator bersertifikat...".

Sekalipun demikian, Najmiah Sunusi mengharapkan agar upaya penyelesaian perkara non litigasi dikedepankan dalam penyelesaian perkara yang masuk di Pengadilan Agama Unaaha. (yudh)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?