..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

Zona Integritas
Upaya Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM) di Pengadilan Agama Unaaha


Zona Integritas
Upaya Zona Integritas menuju Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dan Wilayah Birokrasi dan Bersih Melayani (WBBM) di Pengadilan Agama Unaaha

Zona Integritas (ZI) adalah predikat yang diberikan kepada instansi pemerintah yang pimpinan dan jajarannya mempunyai komitmen untuk mewujudkan WBK/WBBM melalui reformasi birokrasi, khususnya dalam hal pencegahan korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik.

Pengadilan Agama Unaaha adalah termasuk salah satu satker dari sejumlah satker di Indonesia yang terpilih sebagai instansi yang telah siap untuk membangun Zona Integritas di lingkungan Mahkamah Agung. Pencanangan pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Unaaha telah dimulai dengan deklarasi/komitmen seluruh jajaran Pengadilan Agama Jakarta Selatan yang siap membangun Zona Integritas pada tahun 2019.

Pencanangan pembangunan Zona Integritas dilakukan oleh Ketua Pengadilan Agama Unaaha dan seluruh jajaran yang telah menandatangani pakta integritas baik secara massal atau individu pada saat pelantikan.

Pencanangan pembangunan Zona Integritas di Pengadilan Agama Unaaha dilakukan bersama-sama dan dilaksanakan secara terbuka dipublikasikan secara luas dengan maksud agar semua pihak termasuk masyarakat dapat memantau, mengawal, mengawasi dan berperan serta di dalam pembangunan Zona Integritas khususnya dibidang pencegahan bidang korupsi dan peningkatan kualitas pelayanan publik. Proses pembangunan Zona Integritas merupakan tindak lanjut yang di fokuskan pada 6 area :

  • Area I Manajemen perubahan
  • Area II Penataan tatalaksana
  • Area III Penataan manajemen SDM
  • Area IV Penguatan akuntabilitas kinerja
  • Area V Penguatan pengawasan
  • Area VI Peningkatan kualitas pelayanan publik yang bersifat kongkrit

Dengan keenam area tersebut diharapkan dapat menghasilkan sasaran aparatur Pengadilan Agama Unaaha yang bersih dan bebas KKN serta peningkatan kualitas pelayanan publik.

Sosialisasi pembangunan Zona Integritas

Sosialisasi pembangunan ZI dilaksanakan agar kemauan untuk melakukan perubahan menuju WBK didengar dan dipahami oleh eksternal maupun internal hal ini dapat dilaksanakan dalam bentuk :

  • Membuat banner/spanduk/himbauan/brosur
  • Melalui website
  • Melalui media Sosial
  • Melalui media elektronik
  • Melalui media cetak
  • Melalui media TV

Untuk sosialisasi internal melalui pengarahan saat apel pagi, rapat secara peoride dan pemasangan banner dilingkungan kerja .

Semua yang dilakukan tersebut diatas harus dilengkapi dengan data dukung antara lain:  foto, screenshot website, media sosial, hyperlink atau kliping koran.


AREA I MANAJEMEN PERUBAHAN

Area ini bertujuan untuk mengubah secara sistematis dan konsisten mekanisme kerja pola pikir (mind set) serta budaya kerja (cultur set) individu pada Pengadilan Agama…

Lanjutkan Membaca

AREA II PENATAAN TATALAKSANA

Penataan tatalaksana bertujuan untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas sistem, proses dan prosedur yang jelas serta terukur pada Zona Integritas menuju WBK. Target yang ingin…

Lanjutkan Membaca

AREA III PENATAAN SISTEM MANAJEMEN SDM

Penataan sistem manajemen SDM di lingkungan Pengadilan Agama Unaaha bertujuan untuk meningkatkan profesionalisme SDM Pengadilan Agama Unaaha menuju WBK. Target yang ingin dicapai dalam…

Lanjutkan Membaca

AREA IV PENGUATAN AKUNTABILITAS

Penguatan akuntabilitas kinerja bertujuan untuk meningkatkan kapasistas dan akuntabilitas kinerja Pengadilan Agama Unaaha. Target yang ingin dicapai pada area ini adalah: Meningkatnya kinerja instansi…

Lanjutkan Membaca

AREA V PENGUATAN PENGAWASAN

Penguatan pengawasan bertujuan untuk meningkatkan penyelenggaraan organisasi Pengadilan Agama Unaaha yang bersih dan bebas KKN. Target yang ingin dicapai : Meningkatnya kepatuhan terhadap pengelolaan…

Lanjutkan Membaca

AREA VI PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN PUBLIK

Peningkatan kualitas pelayanan publik merupakan suatu upaya untuk meningkatan kualitas dan inovasi pelayanan publik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. Target yang akan dicapai :…

Lanjutkan Membaca

Ada keluhan layanan atau aparat kami?