..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

TIDAK HANYA PAKAI "URAT" TAPI JUGA PAKAI "SURAT", PENTINGNYA PENCATATAN PERKAWINAN

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 19/03/21 127x

Langgikima | www.pa-unaaha.go.id

Tim sidang keliling Pengadilan Agama Unaaha selesaikan 30 perkara permohonan di Kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara melalui sidang diluar gedung (Jumat 19/03/2021). Kegiatan dilaksanakan di Aula Kecamatan Langgikima, diikuti oleh 30 pasang suami isteri yang mengajukan perkara Isbat Nikah beserta para saksinya. Selain tim sidang Pengadilan, tim Kantor Urusan Agama Kecamatan Langgikima dibawah koordinir Basrin, S.Ag, Kepala Kantor Urusan Agama Kecamatan Langgikima, juga dihadiri oleh Kepala Kementerian Agama Kabupaten Konawe Utara, H. M. Yusuf serta Kepala Bimas Islam Kabupaten Konawe Utara.


Foto. Ketua Pengadilan Agama Unaaha bersama Kepala Kemenag Kab. Konawe Utara

Najmiah Sunusi, S.Ag, MH, Ketua Pengadilan Agama Unaaha sekaligus Ketua Majelis Hakim yang menyidangkan perkara di Langgikima ini, dihadapan jajaran Kementerian Agama Kanupaten Konawe Utara yang hadir serta seluruh peserta sidang, menjelaskan bahwa kegiatan sidang diluar gedung yang dijalankan selama ini tidak terbatas hanya pada perkara penetapan keabsahan status perkawinan atau Itsbat Nikah, tetapi dapat dilangsungkan untuk jenis perkara lain yang menjadi kewenangan Pengadilan Agama, antara lain perkara cerai dan dispensasi nikah,  dimana lokasi para pihak pengaju perkaranya jauh dari Pengadilan. 

Disamping itu Najmiah juga menjelaskan pentingnya pencatatan dan status perkawinan bagi masyarakat. Masih banyaknya masyarakat yang belum memiliki Buku Nikah, instrumen pencatatan peristiwa perkawinan, menjadi salah satu pendorong lahirnya Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian Layanan bantuan Hukum. Pasangan suami isteri yang telah menikah dan sah secara agama namun belum memilki Buku Nikah, akan kesulitan untuk mendapatkan layanan lainnya, misalnya pembuatan akta kelahiran, persyaratan pendidikan anak,perjalanan keluar negeri maupun layanan publik lainnya. Untuk itulah Pengadilan Agama Unaaha hadir ditengah-tengah masyarakat, memberikan kemudahan layanan bantuan hukum, dengan menetapkan keabsahan status perkawinan masyarakat melalui proses persidangan yang kemudian oleh KUA akan diterbitkan Buku Nikah.


Foto. Ketua Pengadilan Agama Unaaha bersama Kepala Kemenag Kab. Konawe Utara

Sekata dengan pernyataan Ketua Pengadilan Agama Unaaha, H. M. Yusuf menyampaikan fakta bahwa tingginya jumlah masyarakat yang belum mencatatkan perkawinannya di KUA, bahkan sebagian besar dalam usia muda, menunjukan tingkat kesadaran hukum masyarakat perlu terus ditingkatkan. "dalam perkawinan, jangan hanya pakai urat, tapi juga dengan surat.... dua-duanya harus jalan, secara agama sah, dan secara hukum negara juga sah...". tegasnya. 


Foto. Peserta sidang diluar gedung Kec. Langgikima

Melalui kegiatan semacam ini, masyarakat diminta proaktif ikut serta mensosialisasikan kepada lainnya akan pentingnya pencatatan nikah. "..jadi... kami harapkan kepada masyarakat yang hadir hari ini,... sebagai corong, untuk menyampaikan kepada lainnya, bahwa pengurusan surat nikah, pencatatan di KUA sangat penting, ketika akan melangsungkan perkawinan, jika tidak maka masyarakat sendiri akan kesulitan untuk pengurusan lainnya". lanjutnya, demikian yang disampaikan H.M Yusuf ketika membuka kegiatan sidang keliling ini.


Foto. Pengambilan sumpah terhadap saksi dalam persidangan 


Foto. Peserta mengikuti proses persidangan 

Dalam kegiatan sidang diluar gedung kali ini, nampak para pemohon dalam rentang usia produktif, dan terlihat beberapa pemohon diantaranya membawa balita hasil perkawinan mereka.

Satu persatu para pihak dipanggil menghadap Majelis Hakim dipersidangan sesuai urutan registrasi perkara. Hingga berakhirnya sidang, kegiatan berlangsung aman dan lancar. Berkas Penetapan Hakim dan berkas perkara lainnya dapat diselesaikan hari ini juga atau one day publish, untuk kemudian diunggah atau dipublikasi secara nasional melalui Aplikasi SIPP Mahkamah Agung RI. (yudh)

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?