..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

SUSURI LAHAN KELAPA SAWIT, SIDANG DILUAR GEDUNG PA UNAAHA DI KECAMATAN LANGGIKIMA TAHAP PERTAMA TUNTASKAN 31 PERKARA

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 22/01/21 221x

Langgikima | www.pa-unaaha.go.id

Sebanyak 31 pasangan suami isteri pemohon Isbat Nikah di Kecamatanan Langgikima Kabupaten Konawe Utara, mengikuti sidang diluar gedung yang dilaksanakan Pengadilan Agama Unaaha dan merupakan kegiatan sidang diluar gedung perdana di tahun 2021 ini. (22/01/2021)

Para pemohon penetapan kepastian hukum bahwa telah terjadinya perkawinan atau Isbat Nikah, adalah mereka yang belum memiliki Buku Nikah atau belum tercatat pernikahannya di Kantor Urusan Agama namun telah melangsungkan perkawinan sah secara agama. Dikoordinir oleh Basrin, S.Ag (Kepala kantor Urusan Agama Kecamatan Langgikima) dengan mengerahkan aparatnya termasuk para Kepala Desa setempat, untuk melakukan pendataan warga yang belum tercatat pernikahannya di KUA Langgikima.

"Sejak Desember 2020 hingga saat ini telah terdata 56 pemohon Isbat Nikah dari Kecamatan Langgikima, namun yang berkas perkaranya siap untuk disidangkan ada 31 permohonan" Ujar Basrin. "...sisanya akan kami ajukan untuk kegiatan sidang diluar gedung berikutnya". Lanjutnya.

Kegiatan sidang diluar gedung dilaksanakan di Aula Kecamatan Langgikima, dengan menerjunkan dua tim pelaksana sidang, yang terdiri dari Hakim, A. Muh Yusri Patawari, S,HI, MH, Hasnawati,S.HI, Dr. Massadi, S.Ag, MH, Maulizatul Wahdah, S.HI, MH, Ahmad Zubair Hasyim, S,HI, Nurul Aini, S.HI, didampingi Panitera Pengganti, Drs. Safar, MH dan Ansar SH serta Haris Eka Putra Liambo S.IP, MM sebagai Jurusita Pengganti, didukung dua orang pramusidang.

Jarak Kecamatan Langgikima cukup jauh dari kantor Pengadilan Agama Unaaha, yaitu sekitar 212 Km atau menempuh perjalanan darat kendaraan roda empat selama 5 jam lebih, dengan kondisi jalan sebagian masih dalam tahap pengerasan atau bahkan masih berupa jalan dasar tanpa pengerasan. Akses yang cukup jauh dan sulit terjangkau ini menjadi prioritas Pengadilan Agama Unaaha untuk kegiatan sidang diluar gedung untuk memudahkan masyarakat mengakses layanan Pengadilan.

Ibukota Kecamatan Langgikima tidak terletak di jalan poros utama, sehingga Tim sidang keliling harus menyusuri hamparan lahan kelapa sawit, untuk menuju lokasi persidangan. Selain sebagai kawasan pertambangan Nikel Kabupaten Konawe Utara, 2.500 hektar wilayahnya adalah perkebunan kelapa sawit.

Persidangan baru dimulai dilangsungkan pukul 11.00 WITA, segera setelah Tim sidang diluar gedung tiba di lokasi persidangan. Dari 31 permohonan yang diajukan, setelah melalui pemeriksaan dan proses persidangan, seluruhnya dinyatakan kabul atau diterima.

Diakhir kegiatan, diwakili oleh Drs. Safar, MH (Panitera) menyerahkan salinan penetapan kepada Basrin, S.Ag (Kepala Kantor Urusan Agama Langgikima) sebagai dasar penerbitan Buku Nikah oleh KUA. Dilanjutkan penyerahan secara simbolik Buku Nikah dari Kepala KUA kepada beberapa pemohon yang telah diputuskan perkaranya.

Komitmen pelayanan one day service, one day publish dan one day minutering, oleh Pengadilan Agama Unaaha, sehingga sekalipun penyelesaian perkara dilakukan melalui sidang diluar gedung. Namun penyelesaian administrasi perkaranya telah diselesaikan hari itu juga dilokasi persidangan, dengan koordinasi dengan Tim publikasi yang berada di Kantor Pengadilan Agama Unaaha. Hingga larut malam seluruh berkas telah selesai dimunitasi dan dijahit. (yudh)

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?