..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

SIDANG TERPADU TRIPARTID PA UNAAHA SUKSES, MASYARAKAT PULANG BAWA KEPASTIAN

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 28/11/20 170x

Wawobili, Wawonii Barat | www.pa-unaaha.go.id
Kementerian Agama Kabupaten Konawe Kepulauan sebagai panitia pelaksana utama kegiatan sidang terpadu Pengadilan Agama Unaaha yang difasilitasi Pemerintah Daerah Kabupaten Konawe Kepulauan, sukses tuntaskan kegiatan sidang terpadu untuk 158 pasangan suami isteri di Desa Wawobili Kecamatan Wawonii Barat Kabupaten Konawe Kepulauan. (27/11/2020)

 
Foto Asisten III Kab serahkan Buku Nikah

Penyerahan Buku Nikah dilakukan secara simbolik oleh H. Abdul Rachman, SPd, MPd (Asisten III Sekretariat Daerah Konkep) sesaat setelah persidangan para peserta Isbat Nikah rampung dituntaskan oleh Tim Sidang diluar Gedung Pengadilan Agama Unaaha. Penyerahan akta otentik ini disaksikan langsung oleh Dr. H. Mame Sadafal, MH (Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara), pimpinan Pengadilan Agama Unaaha dan Kementerian Agama, serta Pemerintah Kecamatan Wawonii Barat, dihadapan seluruh pemohon perkara Isbat yang berasal dari 7 (tujuh) Kecamatan di wilayah kabupaten ini.


Foto Ketua PA Unaaha menyidangkan perkara isbat

Sebanyak 5 (lima) Majelis Hakim tunggal yang diterjunkan dalam penyelesaian perkara dalam kegiatan ini, dengan komposisi sebagai berikut: Najmiah Sunusi, S.Ag, MH (Hakim/Ketua Pengadilan Agama Unaaha) dengan Drs. Safar MH (Panitera), A. Muh.Yusri Patawari,S.HI,MH (Hakim/Wakil Ketua) bersama Ansar, SH (Panmud Gugatan), Dr. Massadi, S.Ag, MH (Hakim) bersama Lasmanah, S.HI (Panmud Hukum), Hasnawati, S.HI (Hakim) bersama Fadliyah Zainal, S.HI (Panmud Permohonan), Ahmad Zubair Hasyim, S.HI (Hakim) bersama Cherman Rahman, SH (Panitera Pengganti), serta Juberi (Jurusita), Jumriah, S.Kep (Juruisita Pengganti), Haris Liambo Eka Putra, S.IP, MM (Jurusita Pengganti) serta beberapa personil pramusidang dan administrasi.


Foto Hakim menyidangkan perkara isbat

Persidangan berlangsung aman dan tertib dalam ruangan gazebo dikawasan objek wisata pantai kampa, yang baru pertama kalinya digunakan untuk event kegiatan yang mengumpulkan massa sejak dibangun pertama kali. Terlebih, selama pelaksanaan kegiatan aparat TNI dan Kepolisian Resort Kendari yang bertugas di Wawonii, mengawal kegiatan dari awal hingga berakhirnya kegiatan.

Penyelesaian administrasi persidangan, pembuatan Berita Acara Sidang Panitera Pengganti dan Penetapan Hakim, pengisian data pada aplikasi SIPP, termasuk publikasi putusan dan minutasi berkas perkara diselesaikan hari itu juga, sehingga target one day minuter dan one day publish dapat dilaksanakan sesuai komitmen dan rencana awal.


Foto Panitia Kemenag Kabupaten Konkep

Demikian pula penerbitan Buku Nikah yang dilakukan oleh Kepala Kantor Urusan Agama, diselesaikan oleh kerja tim Kementerian Agama Kabupaten Konawe Kepulauan yang di koordinir oleh M. Basri, S.Sp (Kepala Seksi Urusan Agama Islam Kemenag Konkep) setelah terbitnya Penetapan Hakim.
Sehingga para pemohon pasangan suami isteri yang sebelumnya tidak tercatat pernikahannya di KUA, dengan suksesnya kegiatan ini, telah mendapatkan kepastian status sebagai pasangan suami istri yang sah, baik dari sisi agama maupun sah secara hukum. (yudh)

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?