..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

HAKIM MEDIATOR PA UNAAHA BERHASIL MELAKUKAN MEDIASI PADA PERKARA CERAI TALAK

DI PUBLIKASI DITA WARDHANI DALAM BERITA 10/09/20 58x

Foto Mediator dan Para Pihak dalam menjalani proses mediasi

Pada hari ini, Kamis 10 September 2020 bertempat di ruang Mediasi Pengadilan Agama Unaaha Mediator Hakim Pengadilan Agama Unaaha berhasil mendamaikan para pihak yang berperkara dalam gugatan perdata tentang Gugatan Perceraian dengan register perkara Nomor 0306/Pdt.G/2020/PA.Una . Keberhasilan mediasi pada perkara cerai talak tersebut tidak lepas dari peran Mediator Hakim oleh Hasnawati, S.H.I. yang mengupayakan perdamaian semaksimal mungkin dengan cara memberikan nasehat kepada kedua belah pihak untuk tetap mempertahankan rumah tangga yang telah dibina dan dibangun sekian lama. Selain itu, kepiawaian Mediator dalam memahami pokok permasalahan yang terjadi di antara kedua belah pihak yang karena masalah tersebut menimbulkan kesalahpahaman antara keduanya. Mediasi tersebut merupakan mediasi pertama Ibu Hasnawati, S.H.I di Pengadilan Agama Unaaha dan berhasil sehingga menjadi mukadimah yang baik untuk kedepannya.

foto bersama para pihak setelah proses mediasi dinyatakan berhasil

Keberhasilan mediasi ini tentu merupakan suatu kebanggan tersendiri bagi Pengadilan Agama Unaaha. Sebagaimana juga telah diamanahkan dalam Peraturan Mahkamah Agung Nomor 1 Tahun 2016 bahwa Mediasi merupakan cara penyelesaian sengketa secara damai yang tepat, efektif, dan dapat membuka akses yang lebih luas kepada Para Pihak untuk memperoleh penyelesaian yang memuaskan serta berkeadilan. Selain itu Mediasi di Pengadilan juga menjadi bagian hukum acara perdata dapat memperkuat dan mengoptimalkan fungsi lembaga peradilan dalam penyelesaian sengketa.

Dengan adanya keberhasilan pada mediasi hari ini, semoga menjadi penyemangat serta motivasi bagi Hakim Mediator di lingkungan Pengadilan Agama Unaaha untuk semakin meningkatkan semangat untuk membantu para pihak sehingga perkara yang diajukan berakhir pada meja mediasi dan tidak berlanjut kepada proses-proses persidangan selanjutnya. (dith)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?