..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

RESMI, PENGADILAN AGAMA UNAAHA NAIK KELAS MENJADI IB


RESMI, PENGADILAN AGAMA UNAAHA NAIK KELAS MENJADI IB

DI PUBLIKASI HARIS EKA PUTRA L. S.IP., M.M DALAM BERITA 04/07/22 349x

Ketgam. Ketua Pengadilan Agama Unaaha, Sudirman M, S.H.I., M.E (Kiri), Wakil Ketua Kamariah Sunusi, S.H., M.H (kedua dari Kanan), Sekretaris Rini Surastika Tawulo, S.H.I (Kanan) berfoto bersama dengan Dirjen Badilag Dr. Drs. H. Aco Nur, S.H., M.H. (kedua dari kiri) seusai penyerahan SK Pemberlakuan Peningkatan Kelas Pengadilan Agama Unaaha kelas IB di Gedung Mahkamah Agung.

www.pa-unaaha.go.id. Jakarta - Setelah kurang lebih 5 tahun berjuang dalam upaya peningkatan kelas, hari Senin (04/07/2022) Pengadilan Agama Unaaha secara resmi naik kelas dari sebelumnya sebagai Pengadilan Agama tingkat pertama kelas II menjadi kelas IB. Hal tersebut di tandai dengan penyerahan secara langsung SK Pemberlakuan Peningkatan Kelas Pengadilan Agama Unaaha yang telah ditetapkan oleh Sekretaris Mahkamah Agung dengan Nomor 824/SEK/SK/VII/2022 tanggal 4 Juli 2022. penetapan peningkatan kelas ini, sesuai dengan Surat Menteri PAN dan RB, Nomor B/597/M.KT.01/2022 tanggal 17 Juni 2022 Perihal Persetujuan Peningkatan Kelas/Tipe Pengadilan Tingkat Pertama di Lingkungan Mahkamah Agung RI.

Penyerahan SK Peningkatan Kelas Pengadilan Agama tersebut dilaksanakan secara kolektif kepada 73 Pengadilan Agama dan Negeri yang naik kelas, yang bertempat di ruang rapat Tower Gedung Mahkamah Agung, Jakarta, Penyerahan dilakukan langsung oleh Wakil Ketua Mahkamah Agung Bidang Non-Yudisial, Dr. Sunarto, S.H., M.H., kepada Ketua Pengadilan Agama Unaaha Sudirman M, S.H.I., M.E yang turut disaksikan oleh Wakil Ketua Kamariah Sunusi, S.H., M.H dan Sekretaris Rini Surastika Tawulo, S.H.

Pengadilan Agama Unaaha menjadi salah satu dari 19 Pengadilan Agama Kelas II dari Seluruh Indonesia yang berhasil naik kelas. adapun dari wilayah PTA Kendari, yang turut berhasil naik kelas menjadi kelas IB yaitu sebanyak 3 Satker yakni masing-masing : Pengadilan Agama Unaaha, Pengadilan Agama Raha, dan Pengadilan Agama Kolaka. Sehingga saat ini, kelas Pengadilan Agama tingkat pertama yang berada dalam wilayah PTA Kendari terdiri atas 3 kelas yakni ; 1 Pengadilan Agama Kelas 1 A (Pengadilan Agama Kendari); 3 Pengadilan Agama Kelas iB (Pengadilan Agama Unaaha, Pengadilan Agama Raha dan Pengadilan Agama Kolaka), serta 6 Pengadilan Agama Kelas II (Pengadilan Agama Lasusua, Pengadilan Agama Rumbia, Pengadilan Agama Andoolo, Pengadilan Agama Bau-bau, Pengadilan Agama Wangi-wangi, dan Pengadilan Agama Pasarwajo).

Peningkatan kelas ini merupakan hasil perjuangan serta kerja keras dari seluruh jajaran aparatur Pengadilan Agama Unaaha. Pengadilan Agama Unaaha sendiri sejak tahun 2017 telah mengajukan usulan kenaikan kelas namun masih gagal, Tetapi kegagalan tersebut tidaklah menyurutkan semangat seluruh aparatur Pengadilan Agama Unaaha,  sehingga di penghujung tahun 2020 Pengadilan Agama Unaaha kembali berjuang melakukan proses pengajuan usul kenaikan kelas ke Ditjen Badilag Mahkamah Agung, yang kemudian diteruskan ke Kementerian PAN RB untuk proses verifikasi dan validasi data, hingga proses verifikasi lapangan. dan hingga akhirnya tanggal 17 Juni 2022, Aparatur Pengadilan Agama Unaaha mendapatkan kabar gembira berupa Surat Menteri PAN dan RB, Nomor B/597/M.KT.01/2022 Perihal Persetujuan Peningkatan Kelas/Tipe Pengadilan Tingkat Pertama di Lingkungan Mahkamah Agung RI di mana Pengadilan Agama Unaaha menjadi salah satu Pengadilan yang berhasil naik kelas IB.

Dengan Kenaikan kelas ini tentunya harus dibarengi dengan kualitas pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan yang harus terus ditingkatkan, termasuk sarana dan prasarana pendukung yang perlu dioptimalkan guna memberikan kenyamanan serta kepuasaan para pencari keadilan ketika berperkara di Pengadilan Agama Unaaha, selain itu peningkatan profesionalisme Hakim dan Pegawai, serta kinerja organisasi yang juga harus terus ditingkatkan dalam rangka mewujudkan pelayanan yang prima dan berkualitas bagi masyarakat. sesuai dengan slogan Pengadilan Agama Unaaha SIP ! Semangat, Inovatif, Professional. (1st)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?