..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

TAK PERNAH BERHENTI, PENGADILAN AGAMA UNAAHA BER-INOVASI

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 03/06/20 297x

Unaaha | www.pa-unaaha.go.id

Pada Mei tahun 2020 bertepatan dengan bulan suci Ramadlan 1441 H, aktivitas masyarakat berperkara di Pengadilan Agama Unaaha cenderung sepi dengan volume masyarakat yang berperkara tidak banyak. Terlebih pada masa tersebut adalah puncak pendemi Covid-19 secara nasional, berakibat pada volume pekerjaan, khususnya pelayanan masyarakat berperkaran yang cenderung "stagnan". Hingga pekan pertama usai Hari Raya Idul Fitri 1441 H, volume pelayanan masyarakat tidak mengalami perubahan.

Namun Pengadilan Agama Unaaha sebenarnya pada saat yang sama telah merencanakan untuk melakukan perubahan-perubahan sistem pelayanan atau beberapa inovasi untuk menjadi semakin lebih baik, yang akan diterapkan pada moment yang tepat.

Foto. Penyaksian seremoni launching inovasi

Rabu, 3 Juni 2020, dihadiri oleh Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara, Hakim Tinggi Pengawas dan Tim Asistensi Program Zona Integritas wilayah Sulawesi Tenggara, Pengadilan Agama Unaaha selenggarakan seremoni launcing inovasi sistem pelayanan dan inovasi aplikasi yang mendukung sistem pelayanan, yang dimulai pukul 10.00 WITA hingga selesai.

Launcing inovasi tersebut meliputi:

  1. Priority Service, (Layanan Prioritas bagi pihak berkebutuhan khusus) yaitu sebuah sistem pelayanan peradilan khusus bagi kelompok masyarakat tertentu dengan prioritas utama
  2. Pandawa, yaitu sebuah sistem sebagai solusi cepat yang ditempuh di masa pendemi Covid-19 dimana terdapat pembatasan pemberian layanan secara tatap muka langsung dengan masyarakat dan pembatasan berkumpulnya jumlah orang. Pandawa singkatan dari Pendaftaran Perkara melalui Aplikasi Whatsapp.
    Juga sebagai solusi alternatif bagi pihak yang tidak dapat mendaftarkan perkaranya melalui layanan e-Court
  3. Aplikasi QR-J (Quick Response for Justice), yaitu aplikasi mandiri penyederhanaan cara masyarakat mengakses layanan informasi perkara dan perisidangan dengan kode QR sesuai nomor perkara yang diregister;
  4. Aplikasi e-SKM, yaitu aplikasi mandiri yang digunakan untuk pengumpulan data survey kepuasan masyarakat secara elektonik / papperless. Survey yang dilakukan berupa Indeks Kepuasan Mayarakat sesuai standar Perempan, Survey Persepsi Korupsi, dan survey kepuasan lainnya;
  5. Aplikasi e-Tamu, aplikasi mandiri yang digunakan untuk perekaman identitas dan capture wajah tamu atau pengunjung;
  6. Aplikasi Santri Damayanti, aplikasi mandiri yang berfungsi sebagai sistem antrian seluruh layanan pengadilan, untuk menertibkan pemberian layanan kepada masyarakat berdasarkan urutan antrian dan loket pelayanan
  7. Aplikasi SiAP Online, aplikasi mandiri yang berfungsi untuk manajemen tata persuratan dan pengarsipan naskah dinas secara elektronik
  8. Aplikasi e-Cuti aplikasi mandiri yang digunakan untuk pengajuan permohonan Cuti Kepegawaian dilingkungan Pengadilan Agama Unaaha.
  9. Aplikasi Perpustakaan, yaitu penerapan manajemen perpustakaan secara elektronik

Tiga inovasi terbaru Pengadilan Agama Unaaha tahun 2020 yaitu, Priority service, Pandawa dan Aplikasi QR-J. selebihnya adalah aplikasi mandiri yang sudah lama ada dan aktif  digunakan di Pengadilan Agama Unaaha namun belum pernah dikukuhkan sebagai inovasi karya mandiri Pengadilan Agama Unaaha.

Ditambahkan bahwa, dijumpai beberapa Pengadilan Agama lain mengklaim beberapa inovasi diatas sebagai inovasinya, padahal telah lama lahir dan digunakan di Pengadilan Agama Unaaha. Demikian Najmiah Sunusi, S.Ag, MH, Ketua Pengadilan Agama Unaaha menjelaskan dalam pidato sambutannya.

Peluncuran inovasi Pengadilan Agama Unaaha ditandai dengan penekanan sidik jari Ketua Pengadilan Agama Unaaha pada perangkat touchscreen yang telah disediakan panitia.

Dr. H. Muslimin Simar, SH, MH , Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara menyambut positif dan memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya atas inovasi yang dilakukan, dan mengharapkan agar seluruh Pengadilan Agama diwilayahnya terus memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat dengan senantiasa melakukan berbagai inovasi.


Foto. Tim PTA Sultra meninjauruang pelayanan PTSP

Tim Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara  yang turut dalam seremoni ini, antara lain Drs. Wahyudi, SH,MH, (Hakim Tinggi Pengawas) Drs. H.M.Yusuf, SH, MH, (Hakim Tinggi Pengawas), Muh. Kumar Mubarak, S.Sos, dan Muh. Ramli, S.Ag.

Seremoni launching inovasi ini, juga disiarkan secara langsung live streaming melalui Aplikasi Teleconference Zoom dan media sosial Facebook Live pada akun resmi Pengadilan Agama Unaaha, yang disaksikan oleh pengunjung lintas daerah secara luas.

Foto. KPTA Sultra memotong tumpeng

Menambah semarak kegiatan seremoni, Ketua Pengadilan Tinggi Agama Sulawesi Tenggara memotong Nasi tumpeng dengan sembilan hiasan kecil dan satu gunungan utama, sebagai simbol sembilan inovasi yang berpuncak pada satu tujuan.

Dirangkaikan dengan peresmian penggunaan ruangan sarana kesehatan dan Musahalla Al-Mizan Pengadilan Agama Unaaha, usai peluncuran inovasi, Dr. Muslimin Simar memotong pita pemuka pintu, yang mengisyaratkan telah resminya penggunan sarana tersebut sebagai sarana tambahan yang mendukung pelayanan di Pengadilan Agama Unaaha. (yudh)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?