..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

SYUKURAN HUT KABUPATEN KONAWE KE-61, PA UNAAHA TERIMA APRESIASI PELAYANAN SIDANG DI LUAR GEDUNG

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 03/03/21 129x

Unaaha | www.pa-unaaha.go.id 
Tanggal 3 Maret adalah hari bersejarah bagi Konawe, dimana saat mula terbentuknya yaitu tanggal 3 Maret 1960 adalah sebagai pusat pemerintahan Kendari, yang pada saat itu Kabupaten Konawe bernama Kabupaten Daerah Tk II Kendari, sebagai induk cikal bakal terbentuknya wilayah Kota Kendari, Kabupaten Konawe Selatan, Kabupaten Konawe Utara dan Kabupaten Konawe Kepulauan sebelum pemekaran sebagaimana saat ini.

Rabu, 3 Maret 2021 bertempat di ruangan Kery Saiful Konggoasa (KSK) Bupati Konawe, Pemerintah Kabupaten Konawe menyelenggarakan peringatan Hari Ulang Tahun ke-61. Dihadiri oleh seluruh OPD (Organisasi Perangkat Daerah) dan Forkompimda (Forum Komunikasi Pimpinan Daerah) serta Kepala Kecamatan (camat) sewilayah Kabupaten Konawe, acara peringatan dilakukan secara sederhana berupa syukuran dan pemotongan tumpeng HUT.


Foto. KSK memotong tumpeng pada syukuran HUT 61 Konawe (foto detik sultra)

Usai pemotongan tumpeng, KSK menyampaikan komitmennya untuk menjadi kabupaten ini sebagai wilayah terbaik dan berupaya untuk memajukan Kabupaten Konawe disegala bidang, baik pertanian, pendidikan, pertambangan, sektor pariwisata dan bidang lainnya.

Pada kesempatan ini, Bupati Konawe memberikan apresiasi kepada Pengadilan Agama Unaaha berupa pemberian piagam penghargaan atas pelaksanaan kegiatan sidang keliling dan sidang terpadu di wilayah Kabupaten Konawe. Penghargaan diterima langsung oleh Najmiah Sunusi, S.Ag, MH , Ketua Pengadilan Agama Unaaha.

Pada peringatan HUT Konawe ini, dilangsungkan pula rapat kerja pemerintah daerah beserta jajarannya. disela-sela rapat kerja tersebut, Ketua Pengadilan Agama Unaaha diberikan kesempatan untuk menyampaikan sosialisasi program unggulan Pengadilan, yang selama ini dilaksanakan yaitu  sidang diluar gedung dan sidang terpadu.


Foto. Ketua PA Unaaha mensosialisasikan program sidang diluar gedung

Najmiah Sunusi menyampaikan masih banyak masyarakat di kabupaten konawe yang belum tersentuh layanan sidang diluar gedung, terutama wilayah-wilayah yang jauh dan sulit diakses baik transportasi maupun sarana telekomunikasi. Salah satu di antaranya adalah Kecamatan Routa, yang masuk dalam wilayah Konawe namun dalam musim tertentu untuk mencapai kecamatan ini bahkan harus melalui  Propinsi Sulawesi Tengah, selain jalur Kolaka Utara dan Konawe Utara sebagai alternatifnya.

Kecamatan Routa tercatat sebagai wilayah  dengan biaya radius panggilan tertinggi dibanding wilayah kecamatan lain di wilayah hukum Pengadilan Agama Unaaha saat ini.

Masih banyak masyarakat yang belum memiliki Buku Nikah dan Akta Kelahiran, sementara dokumen ini menjadi persyaratan untuk mendapatkan layanan masyarakat lainnya, misalnya untuk melakukan kunjungan keluar negeri, umrah, persyaratan masuk dunia pendidikan untuk anak, dan layanan publik lainnya.

Sehingga program pengadilan yang menjadi kebutuhan masyarakat ini perlu didukung oleh semua pihak, baik pemerintah daerah, dinas kependudukan dan catatan sipil, kementerian agama, bahkan hingga camat dan aparat desa memiliki peranan yang sangat penting untuk kesuksesan program ini. (yudh)

 

 

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?