..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

Pengadilan Agama Unaaha Hadapi Asesmen Surveillance APM Tahun 2020

DI PUBLIKASI DITA WARDHANI DALAM BERITA 06/11/20 104x

Foto acara evaluasi dan monitoring oleh Tim Asesor APM di ruang Rapat Pengadilan Agama Unaaha

Pengadilan Agama Unaaha kelas II pada hari Kamis, 05 Oktober 2020 kedatangan Tim Surveillance APM dari Badilag dan PTA Kendari. Kegiatan di mulai sejak pukul 09.00 WITA dimana Tim Penilai melakukan Observasi Implementasi Akreditasi Penjaminan Mutu di Pengadilan Agama Unaaha. Kedatangan Tim Asesor yang terdiri dari Ibu Hj. Kudesiah, S.H (Lead Assessor) dan Agus Digdo Nugroho, S.H., M.H. (Pendamping Assessor) serta didampingi juga oleh Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kendari, Bapak Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H. serta Hakim Tinggi PTA Kendari, Bapak Drs. H. M. Yusuf, S.H., M.H. di PA Unaaha. Kedatangan tersebut disambut baik oleh Ketua PA Unaaha, Panitera, Sekretaris , para Hakim selaku Asesor Internal dan seluruh Pejabat Fungsional dan Struktural PA Unaaha.

Asessment surveillance ini adalah agenda yang sudah terjadwal sebagai konsekuensi dari telah diperolehnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu Pengadilan Agama Unaaha pada Tahun 2017 dan telah dilakukan Surveillance lalu mendapatkan predikat A Excellent. Terhadap sertifikat tersebut akan diadakan surveillance tiap tahunnya. Artinya, surveillance kali ini adalah surveillan untuk kali ketiga sejak diperolehnya Sertifikat Akreditasi Penjaminan Mutu oleh Pengadilan Agama Unaaha.

Selama observasi tim asesor  melakukan asesmen terhadap pelaksanaan dan penerapan APM PA Unaaha, dengan melakukan monitoring dan penelusuran dokumen, sarana dan prasarana diikuti wawancara dengan para pimpinan dan pejabat terkait di Pengadilan Agama Unaaha dilanjutkan dengan peninjauan langsung ke setiap ruangan dan bagian di Pengadilan Agama Unaaha.

Setelah melakukan kegiatan observasi, evaluasi dan monitoring  akhirnya sekitar pukul 16.30 digelar kegiatan seremonial oleh Tim Asesor  APM dari Badilag dan PTA Kendari. Acara dibuka dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan lagu Hymne Mahkamah Agung RI.

Foto Menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Mahkamah Agung

Acara selanjutnya sambutannya Lead Asesor  Hj. Kudesiah, S.H., M.H.. dan Asisten Lead Assesor dari Badilag, Bapak Agus Digdo Nugroho, S.H., M.H. menyampaikan bahwa PA Unaaha secara umum sudah memenuhi standar yang telah ditetapkan. meskipun terdapat beberapa hal yang harus dilengkapi. Selanjutnya hasil Asesmen surveillance tersebut akan diajukan kepada komite APM Badilag sebagai tindak lanjut dalam rangka mempertahankan nilai. Sebelum menutup kegiatan secara resmi, beliau dalam kesempatan ini juga mengingatkan kepada seluruh jajaran di Pengadilan Agama Unaaha untuk segera melengkapi kekurangan dan melakukan perbaikan (penyempurnaan) pada hal-hal yang telah disampaikan oleh tim asesor .

foto penyampaian hasil temuan oleh asisten lead asesor, Bapak Agus Digdo Nugroho, S.H., M.H.

foto penyampaian hasil temuan oleh lead asesor, Ibu AHj. Kudesiah, S.H.

Setelah penyampaian evaluasi dan monitoring oleh Tim Asesor APM tersebut, acara dilanjutkan dengan sesi pertanyaan yang diajukan oleh Pegawai Pengadilan Agama Unaaha kepada Tim Assesor APM. Selanjutnya acara berlanjut pada arahan serta nasihat yang disampaikan oleh WKPTA Kendari, Bapak Dr. Drs. H. Mame Sadafal, M.H. serta Hakim Tinggi PTA Kendari, Bapak Drs. H. M. Yusuf, S.H., M.H. dan ditutup dengan kata penutup oleh Ketua Pengadilan Agama Unaaha, Najmiah Sunusi S.Ag., M.H serta penyerahan perjanjian penyelesaian kontrak kerja dari Tim Asesor kepada Pengadilan Agama Unaaha.

foto penyerahan kontrak kerja oleh Tim Asesor BADILAG kepada Ketua Pengadilan Agama Unaaha

APM sendiri merupakan upaya Ditjen Badan Peradilan Agama Mahkamah Agung RI dalam mewujudkan tata kelola birokrasi yang terstandarisasi dan berbasis service oriented yang ditandai dengan meningkatnya kepuasan masyarakat pencari keadilan terhadap produk layanan Peradilan Agama. (dith)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?