..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

Kec. Lembo Kabupaten Konawe Utara jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Sidang Perdana di Luar Gedung Tahun 2024,


Kec. Lembo Kabupaten Konawe Utara jadi Tuan Rumah Pelaksanaan Sidang Perdana di Luar Gedung Tahun 2024,

DI PUBLIKASI HARIS EKA PUTRA L. S.IP., M.M DALAM BERITA 30/01/24 271x

www.pa-unaaha.go.id – Konawe Utara. Pengadilan Agama Unaaha menggelar pelaksanaan sidang di luar gedung perdana di tahun 2024, yang bertempat di KUA Kec. Lembo Kabupaten Konawe Utara Pada Selasa (30/01/2024).

Sebanyak 25 pasang pemohon dalam perkara permohonan Itsbat / pengesahan Nikah mengikuti pelaksanaan kegiatan kali ini, yang mana persidangan berjalan dengan lancar tanpa ada kencala berarti hingga selesai. Dan rencananya akan dilanjutkan dengan sidang tahap ke 2 pada awal Maret Mendatang, karena masih banyaknya Masyarakat yang ingin mendapatkan layanan ini.

Sebagaimana tahun-tahun sebelumnya,  Pelaksanan kegiatan ini selalu mendapat respon yang baik dari masyarakat,  dimana masyarakat melalui KUA di Kecamatan dalam wilayah Yurisdiksi PA Unaaha selalui antusias untuk mendaftarkan diri untuk mendapatkan layanan hukum dalam sidang di luar gedung.

Di tahun 2024 ini, Pengadilan Agama Unaaha akan melaksanakan sebanyak 15 Kegiatan sidang diluar gedung, sebagaimana yang tercantum dalam dokumen rencana kerja anggaran tahun  2024. Dasar dari pelaksanaan kegiatan sidang di luar gedung ini yakni Peraturan Mahkamah Agung RI Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pemberian layanan hukum bagi masyarakat tidak mampu di Pengadilan,

Sidang di luar gedung pengadilan atau Zitting Plaatz merupakan salah satu layanan hukum bagi masyarakat kurang mampu berupa sidang yang dilaksanakan secara tetap, berkala atau sewaktu-waktu oleh Pengadilan di suatu tempat yang ada di dalam wilayah hukumnya tetapi di luar tempat kedudukan gedung pengadilan.

Diharapkan dengan adanya kegiatan ini maka akan semakin memberikan kemudahan bagi masyarakat dalam upaya mendapatkan pelayanan hukum dari Pengadilan Agama Unaaha tanpa harus datang secara langsung ke Pengadilan Agama Unaaha, sehingga masyarakat secara langsung mendapatkan manfaat berupa penghematan waktu dan biaya dimana men ingat wilayah Yurisdiksi Pengadilan Agama Unaaha yang mencakup 3 Kabupaten serta banyak wilayah yang aksesnya jauh dari Lokasi Pengadilan Agama Unaaha (hep).

 

Ada keluhan layanan atau aparat kami?