..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

Awal Semester II 2022, Pengadilan Agama Unaaha Kembali Gelar Sidang Diluar Gedung


Awal Semester II 2022, Pengadilan Agama Unaaha Kembali Gelar Sidang Diluar Gedung

DI PUBLIKASI HARIS EKA PUTRA L. S.IP., M.M DALAM BERITA 10/06/22 84x

 

 

www.pa-unaaha.go.id - Wiwirano.  Dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan kepada masyarakat pencari keadilan di wilayah hukum Pengadilan Agama Unaaha, serta untuk mengimplementasikan asas peradilan yang sederhana, cepat dan ber biaya ringan yang dapat langsung dirasakan oleh masyarakat pencari keadilan maka Pengadilan Agama Unaaha kembali mengadakan kegiatan Sidang diluar gedung / Sidang Keliling. Kegiatan ini mengacu pada PERMA Nomor 1 Tahun 2014 tentang Pedoman Pelayanan Hukum bagi Masyarakat yang Tidak Mampu.

Kegiatan sidang diluar gedung kali ini diadakan di Kecamatan Wiwirano Kabupaten Konawe Utara yang pelaksanaannya bertempat di Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Wiwirano pada Jumat, (10/06/2022), Dalam pelaksanaannya, Sidang Keliling di Kecamatan Wiwirano ini merupakan sidang diluar gedung yang ke dua yang dilaksanakan di Kabupaten Konawe Utara, setelah sebelumnya pada bulan Januari diadakan di Kecamatan Motui. Serta merupakan kegiatan sidang diluar Gedung yang ke enam kalinya yang dilaksanakan oleh Pengadilan Agama Unaaha sepanjang tahun 2022 ini setelah sebelumnya telah dilaksanakan di Kecamatan Sampara Kabupaten Konawe, dan Kecamatan Routa Kabupaten Konawe. Tercatat sudah 96 perkara diperiksa, diadili dan diputuskan dalam sidang di luar gedung di tiga lokasi kegiatan tersebut sebelumnya.

Dalam Sidang diluar gedung kal ini, sebanyak 15 perkara terdaftar dalam agenda sidang, yang mana keseluruhannya merupakan perkara permohonan itsbat/pengesahan nikah. Para  Pihak Pemohon sedari pagi hari telah antusias menunggu kehadiran Tim Pelaksana Sidang diluar Gedung yang dipimpin langsung oleh Ketua Pengadilan Agama Unaaha, Sudirman, M., S.HI., M.E di Kantor KUA. Akses jalan pada sebagian ruas yang rusak berat, serta jarak lokasi yang jauh dari Pengadilan Agama Unaaha menjadi tantangan tersendiri bagi seluruh Tim dalam menjangkau lokasi yang merupakan Kecamatan yang berbatasan langsung dengan Propinsi Sulawesi Tengah tersebut.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pengadilan Agama Unaaha untuk meningkatkan pelayanan prima kepada masyarakat pencari keadilan, yang mana telah menjadi program rutin dari Pengadilan Agama Unaaha setiap tahunnya, diharapkan dengan adanya kegiatan sidang diluar gedung ini, para pihak/masyarakat dapat terbantu dan dapat mengakses atau mendapatkan keadilan tanpa harus mendatangi kantor Pengadilan Agama Unaaha. (1st)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?