..
Hubungi +62-408-2421187 Fax: +62-408-2421155 pada jam 08:00 - 16.00 WITA
E-mail: pa_unaaha@live.com

26 perkara sidang diluar gedung tetap dilaksanakan di Kecamatan Sawa Konawe Utara

DI PUBLIKASI YUDHI WIJAYA DALAM BERITA 20/03/20 64x


Majelis menyidangkan perkara sidang diluar gedung 

Sawa | www.pa-unaaha.go.id

Sebanyak 26 perkara permohonan Isbat Nikah yang telah terjadwal sejak Pebruari 2020 untuk diselesaikan melalui sidang diluar gedung Pengadilan Agama Unaaha, tetap dilaksanakan di lokasi para pihak pengaju, yaitu di Kecamatan Sawa, Kabuaten Konawe Utara.Pelaksanaan sidang diselenggarakan di Kantor Kecamatan Sawa, diikuti oleh setidaknya 60 orang termasuk saksi para pihak dan petugas Kecamatan dan KUA setempat. (20/03/2020). 

Tim yang menangani perkara ini terdiri dari Majelis, Najmiah Sunusi, S.Ag,MH (Ketua Majelis), Zulfahmi, S.HI (Hakim Anggota), Muh. Yusuf, S.HI, MH (Hakim Anggota) didampingi oleh dua Panitera Pengganti, Lasmanah,S.Hi  dan Ansar, S.H, serta Lausi (Jurusita) dan juga satu orang tenaga administrasi dan satu orang pramubakti.


Foto. Peserta yang siap bersidang menunggu antrian

Keseluruhan perkara yang ditangani dalam kegiatan ini, termasuk satu perkara Dispensasi Nikah yang ikut dalam kegiatan sidang diluar gedung, seluruhnya dinyatakan putus pada hari ini yaitu dikabulkan sebanyak 25 perkara dan dinyatakan gugur sebanyak 1 perkara karena tidak hadirnya pihak di persidangan.


Foto. Ketua PA Unaaha dalam sidang tunggal

Menyadari pelaksanaan situasi kegiatan di area publik saat ini rentan dengan penyebaran virus covid-19 yang menjadi pendemi secara global, nasional, bahkan lokal, tim sidang diluar gedung Pengadilan Agama Unaaha telah mengantisipasi dengan perlengkapan hand sanitizer, masker, dan selama kegiatan menerapkan social distancing dengan masyarakat, sebagai upaya proteksi terhadap keamanan dan kesehatan tim. Sekalipun hingga saat kegiatan ini dilangsungkan, untuk Kabupaten Konawe Utara menurut laporan terakhir terdapat 52 orang dalam pemantauan (ODP) namun belum ada laporan positif terinfeksi covid-19, tetapi upaya tim sidang ini setidaknya meminimalisir dampak yang lebih besar. 

Bahkan selama kegiatan berlangsung tidak mau mengambil resiko dengan menikmati makanan di rumah makan umum, kecuali dengan perbekalan sendiri yang dibawa dari kota Unaaha.

Menurut Ketua Pengadilan Agama Unaaha, kegiatan sidang diluar gedung ini tetap dilaksanakan, untuk menghindari terjadinya penumpukan perkara yang telah terjadwal, yang berakibat penurunan drastis tingkat penyelesaian perkara. Selain untuk Kecamatan Sawa, pada agenda bulan Maret 2020 masih terdapat 49 perkara sidang diluar gedung untuk Kecamatan Langgikima Kabupaten Konawe Utara, yang rencananya akan dilaksanakan di akhir bulan Maret ini. Sehingga pilihan pelaksanaan kegiatan ini diambil dengan resiko, seluruh tim sidang diluar keliling wajib melindungi diri.

Untuk kegiatan publik berikutnya, tim akan melakukan evaluasi dan tindakan preventif yang lebih, terutama dalam pelaksanaan sidang diluar gedung di Kabupaten Konawe dan Konawe Utara, dengan tetap memperhatikan tujuan agar masyarakat pencari keadilan tetap dapat terlayani dengan baik, dan tim pelaksana tetap dapat terlindung dari ancaman covid-19. (yudh)

Ada keluhan layanan atau aparat kami?